Breaking News
recent

Mengenal Lebih Dekat Bank Syariah

Assalamu'alaikum wr. wb
Bismillahirrohmanirrohim..

Mungkin istilah bank syariah sudah tidak asing lagi di telinga kita. Namun, sudahkah kita benar-benar mengenal bank syariah?? Iseng-iseng, saya bertanya kepada beberapa kenalan saya. Sebagian besar dari mereka menjawab, Bank Syariah adalah bank yang berprinsipkan atas dasar hukum islam, yaitu Al-Qur'an dan Sunnah.

Benar, jawaban mereka memang benar. Namun, ketika saya tanya lagi lebih mendalam mengenai bank syariah.  Apakah itu ijarah, mudhorobah, murobahah dan produk bank syariah lainnya?? Hanya sebagian kecil saja yang menjawabnya dengan benar. Dan sedihnya lagi, sebagian besar dari mereka adalah mahasiswa dari fakultas ekonomi. Astagfirlah..

Berawal dari keisengan saya tadi, saya lalu melakukan hal iseng kedua. Masih dalam konteks yang sama, yaitu bertanya kepada kawan-kawan saya yang muslim. Pertanyaannya adalah "Kamu punya tabungan atau Atm??", jika ia menjawab tidak punya, saya berhenti bertanya. Namun, dengan kawan yang menjawab punya, saya lalu berrtanya lagi, "di Bank apa?" lantas ia akan menjawab salah satu bank. Pertanyaan terakhir, "Syariah atau konvensional??" .

Sungguh, seperti dalam gambaran otak saya. Kebanyakan dari mereka yang mempunyai tabungan menjatuhkan pilihannya untuk menabung di bank konvensional. Kenapa bisa begitu?? Saya bisa menarik kesimpulan, bahwa tantangan utama bank syariah adalah rendahnya tingkat kesadaran masyarakat akan manfaat dari bank syariah. Sehingga masih setia dengan bank konvensional.

Kenapa Harus Bank Syariah??
Bank Syariah seperti angin segar ditengah hiruk pikuk persoalan kehidupan. Bank syariah yang berlandaskan islam tentu sangat jauh berbeda dengan bank konvensional, sebagai alasan yang memperjelas mengapa harus bank syariah. 
  1. Membantu Sodara Kita Yang Membutuhkan. Bank syariah mengeluarkan 2,5 % dari keutungan tiap tahunnya untuk berzakat. Jadi, jika kita menggunakan jasa bank Syariah dan membantu menambah laba, maka kita pun sebenarnya telah berjasa untuk membantu sodara-sodara kita yang sedang kekurangan.
  2. Usaha Yang Halal. Bank syariah hanya memberikan kredit untuk aktifitas-aktifitas yang halal. Disini bank syariah tidak membatasi atau mendiskriminasikan agama, sehingga agama apapun boleh meminjam di bank syariah dengan syarat aktifitas nya harus halal.
  3. Tidak ada Riba. Seperti yang kita ketahui prinsip bank syariah adalah bagi hasil, jadi tidak ada yang namanya bunga ataupun riba.
  4. dll

Mohon maaf bila ada salah-salah kata, sesungguhnya kesempurnaan hanya milik Allah SWT. Semoga postingan saya kali ini bermanfaat.. Syukron..^^


Wassalamu'alaikum wr.wb.

-------
nama : wardah fauziyah
npm  : 28210458
Unknown

Unknown

No comments:

Post a Comment

Translate

Wardah@mychocochips. Powered by Blogger.