Breaking News
recent

Serba-Serbi Manfaat E-Learning Bagi Siswa dan Guru


Ditengah derasnya pengaruh globalisasi yang berkembang semakin pesat dari tahun ke tahun. Manusia seolah dimanjakan dengan aneka tekhnologi canggih nan mutakir yang membantu mempermudah pekerjaan kita. Bayangkan saja, mungkin dulu pada zaman berpuluh tahun atau bahkan beratus tahun silam, mereka yang hidup di zaman itu pasti ga akan habis pikir akan adanya sebuah dunia yang bisa mempertemukan kita dengan orang-orang dari belahan bumi manapun. Dan memandang seolah aneh bin ajaib tentang bagaimana seseorang bisa mengetahui informasi apapun lewat sebuah ponsel. Mungkin pada zaman itu, hal ini akan dipandang sebagai "WOW BANGET", aneh bin ajaib, mengira jika ini sihir level tinggi bahkan mengalahkan kekuatan dari si kantong ajaibnya doraemon (itupun kalo doaemon udah ditayangin loh. hehe)..

Nah, dari sana bisa dilihat kan betapa besarnya tekhnologi mempengaruhi kehidupan manusia. Mulai dari sektor industri, otomotif, pertanian, kedokteran dan bahkan semua sektor yang ada di dunia ini, semuanya menggunakan tekhnologi untuk efesiensi dan efektifitas mereka. Salah satu contohnya adalah kehadiran E-Learning dalam sektor pendidikan.

Pada postingan kali ini saya akan membahas mengenai peran penting E-Learning dalam sektor Pendidikan, khususnya bagi siswa dan guru. Namun sebelum membahas lebih lanjut, sudah tau kan apa itu E-learning?? Bagi yang belum tahu, berikut ini sedikit penjelasan mengenai pengertian E-Learning..

Pengertian E-Learning 
Menurut Harton (2006: 1) mendifinisikan e-learning sebagai penggunaan teknologi informasi dan komputer untuk menciptakan pengalaman dalam belajar. E-learning biasanya menggunakan tekhnologi jaringan informasi dan komunikasi pada proses pembelajaran. Huruf "e" pada e-learning berasal dari kata electronic. E-learning dapat berarti semua kegiatan yang berhubungan dengan pembelajaran secara individu atau kelompok, online atau offline, dan syncronous atau asynchronous dengan menggunakan komputer ataupun peralatan elektronik lainnya (Naidu, 2006:1).

Jadi udah pada tau semua kan apa itu e-learning?? Nah, sekarang langsung aja kita ke topik inti. Sebenernya apa sih manfaat E-Learning bagi pendidikan, khususnya untuk para siswa dan guru?? Ternyata manfaat e-learning itu banyaaakk banget loh. Penasaran? Yuk, langsung aja cekidot !


Manfaat E-Learning 
Terdapat banyak manfaat e-learning bagi dunia pendidikan. Terutama manfaat bagi siswa dan guru, diantaranya adalah sebagai berikut:

- Manfaat Bagi Siswa: 
1. Pembelajaran dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun (fleksibel).  
Jika biasanya para siswa diharuskan datang dan mengikuti pelajaran di kelas dan pada waktu yang telah ditentukan. Bayangkan saja, jika seorang siswa terpaksa tidak masuk karena mengikuti Kejuaraan Nasional di luar kota atau sakit yang membutuhkan perawatan intensif di rumah sakit untuk waktu seminggu misalnya. Pasti mereka ini akan ketinggalan banyak pelajaran kan?? Apalagi kalau yang terlewatkan itu bukanlah pelajaran, melainkan ujian. Wuih, gawat.. Mereka harus ujian susulan atau bahkan mengulang bukan?? Namun hal itu tidak akan terjadi pada sistem pembelajaran E-Learning. Pembelajarannya bersifat fleksibel, kapanpun dan dimanapun. Jadi tak ada masalah jika siswa sedang berada diluar kota untuk mengikuti kejuaran Tingkat Nasional atau siswa yang sedang terbaring diatas kasur karena sakit. Tinggal nyalakan laptop atau komputer atau bahkan smartphone, dimanapun dan kapanpun siswa bisa dengan bebas melakukan pembelajaran E-Learning, bahkan dari atas kasur sekalipun. Mudah bukan??  

2. Interaksi Pembelajaran antara siswa dan guru menjadi bertambah.  
Sebagai siswa tentu saja tidak semua siswa berani mengacungkan tangannya ke atas lalu bertanya didepan banyak orang atas apa yang ia tidak tahu. Oleh karena itu, E-Learning memudahkan komunikasi pembelajaran antara guru dan murid agar lebih intensif. Sehingga jika ada yang tidak dimengerti bisa langsung segera ditanyakan, dan bagi siswa yang pemalu merasa lebih nyaman dengan bertanya personal ke guru tsb.
  
3. Mengurangi Biaya Pendidikan 
Coba perhatikan, berapa harga buku saat ini?? Coba harga satu buah buku dikalikan jumlah mata pelajaran yang ada. Mahal bukan?? Mungkin bagi siswa yang mampu sih tak masalah dengan harga buku yang kian hari kian mahal. Tapi bagaimana dengan mereka yang tidak mampu?? Tenang saja karena kini dengan adanya E-Learning, biaya-biaya tsb bisa dipangkas habis. Jelas lebih efisien bukan? Bukan hanya itu, biaya infrastruktur pun bisa ditekan seminimal mungkin. Karena sekolah sudah bisa dimana saja, bahkan dirumah (tentu saja menggunakan media elektronik: e-learning). 

4. Menghemat Biaya dan Waktu Perjalanan 
Nah kalau yang tadi membahas mengenai efisiensi biaya pendidikan, sekarang lebih ke masalah transportasinya. Kalau pembelajaran bisa dilakukan dimana saja, jelas ga butuh biaya transport kan?? Trus kalau ga ke sekolah, hemat waktu dong. Yang tadinya perlu waktu setengah jam buat ke sekolah (belom lagi kalo macet), sekarang Cuma perlu beberapa menit bahkan detik untuk bisa langsung memulai pelajaran. Wuiiihh, hebat yah??
5. Melatih Kemandirian Siswa 
Dengan adanya e-learning, siswa jadi lebih mandiri. Download materinya sendiri, belajarnya sendiri, lalu diskusi kelompok dengan teman-teman siswa lain, setelah itu jika ada pertanyaan dalam materi, langsung bisa tanyakan ke guru yang bersangkutan. Sehingga siswa diajarkan untuk mandiri dalam pembelajarannya, dan guru hanya sebagai pendamping siswa.  

6. Efisiensi Waktu 
Coba bandingin sama di sekolah pada umumnya, kebanyakan guru yang sibuk menjelaskan dan siswa nya Cuma sibuk mencatat, yang bahkan proses catat mencatat nya terkadang membutuhkan waktu lama, alias berjam-jam, dari pelajaran dimulai sampe jam pelajarannya selesai yang dikerjain cuma catet bahkan ada yang disuruh nyatet tanpa penjelasan dari sang guru (alasannya karena ga sempet jelasinlah, keburu bell ah, blajar mandiri lah). Bener ga?? Nah, salah satu kelebihan dari E-Learning yaitu efisiensi waktu. Materi bisa didownload lalu disimpan di laptop, computer, atau bahkan di gadget sehingga bisa dipelajari kapanpun dan dimanapun tanpa perlu proses mencatat.

-Manfaat Bagi Guru:
1. Pembelajaran dari manapun dan kapanpun  
Sama halnya murid, seorang guru pun bisa melakukan prosesi mengajarnya dimanapun dan kapanpun. Tak terbatas ruang dan waktu. Entah itu sedang diluar negeri menghadiri seminar disana atau sedang melakukan umroh sekalipun. Maka proses pembelajaran pun bisa dilakukan. Tentu saja, fasilitas E-Learning bisa berfungsi dengan baik asal ada niat dari si guru. Dan E-Learning dengan mengenakan sistem on-line maka akan lebih cepat jika menggunakan XL pastinya.
  
2. Mempermudah penyempurnaan dan penyimpanan materi pembelajaran 
Materi bisa dengan mudah diupdate, ditambah atau dikurangi sesuai keinginan dari si guru. Tentu saja, penambahan materi akan memperkaya pengetahuan dan wawasan para siswa. Penyimpanan materi pun sangat mudah dan aman.
 
3. Bertambahnya Interaksi pembelajaran antara peserta didik dengan guru sehingga guru bisa lebih mengetahui masing-masing kemampuan siswanya. 
Tanya jawab akan berlangsung maksimal. Guru bisa mengetahui sampai sejauh mana keaktifan dan kemampuan masing-masing anak. Sehingga pengambilan nilai nya objektif. Dan memotivasi murid agar aktif dalam belajar. 

4. Menjangkau peserta didik dan wilayah geografis yang lebih luas 
Masih ingat kan lagu yang liriknya : “Dari sabang sampai merauke berjajar pulau-pulau.” Lagu tersebut mencerminkan bahwa Indonesia memiliki wilayah geografis yang luas. Namun sayangnya, kualitas pendidikan disetiap daerah berbeda. Masalahnya sangat kompleks, mulai dari keterbatasan biaya, pengajar, akses yang sulit dan masih kurang pedulinya masyarakat terhadap pendidikan, terutama masyarakat pedalaman yang memiliki akses yang sulit. Dengan adanya E-Learning, jangkauan geografisnya menjadi lebih luas. Pengajar yang ada di Jakarta bisa melakukan pembelajaran E-Learning dengan memberikan materi kepada siswa di Sumatra. Ini berarti bisa meningkatkan kualitas pendidikan bukan?? Membantu pemerataan pendidikan di Indonesia. Hanya saja, murid tsb harus didukung tekhnologi terlebih dahulu.

Begitu banyaknya manfaat E-Learning bagi dunia pendidikan, terutama bagi guru dan murid. Jadi, yuk manfaatin kemajuan tekhnologi dengan menambah wawasan dan pelajaran. Salah satunya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia ini.

 --- ( ^ - ^ ) V ---
Sekian postingan dari saya. Semoga bermanfaat. 

# Maaf jika ada kesalahan dalam penulisan karena sesungguhnya kesempurnaan hanya milik Allah SWT.
Wardah F

Wardah F

4 comments:

  1. Wih ane pertamax nih haha.
    Ternyata emang bener manfaat e-learning banyak banget, manfaat untuk siswa dan guru. Dengan e-learning kita bisa belajar kapanpun dan dimanapun tanpa harus ketemu guru yg sedang sibuk atau lagi diluar kota.
    Untuk penulis, semangat terus untuk berinovasi sama tulisannya.

    ReplyDelete
  2. @ahmad faishal: iya, e-learning menjadikan pemblajaran lebih mudah.. jelas sangat efektif & efisien.. makasih banyak, semangat juga.. :)

    ReplyDelete
  3. begitu banyak manfaat tapi juga begitu banyak kekurangan dalam e-learning, kurangnya sumber daya (yang memenuhi kebutuhan akomodasi teknologi itu sendiri) menjadikan e-learning masih barang langka di pelosok Indonesia. Lagipula tidak baik juga bila manusia satu dengan yang lainnya tidak bertatap muka secara fisik :)) karena itu perlu disikapi dengan bijak nih si e-learning, mungkin penulis bisa menuliskan kelemahan e-learning meskipun bertopik manfaat lebihnya (dan juga mencantumkan sumber pustaka, biar lebih afdol) :D

    ReplyDelete
  4. @christina a.s : manfaat e-learning ini murni pemikiran saya sendiri berdasarkan pengalaman kuliah dgn menggunakan e-arning. ini kesimpulan yg saya ambil dgn cara membandingkan kuliah di kelas dgn v- class (mata kuliah dgn e-learning). namun pengertian e-learning saya mengutip dari pendapat ahli nya yg sumber ny sudah saya sertakan didalam postingan ini..
    setiap metode, apapun itu, pasti punya kelemahan termasuk e-learning itu sendiri. namun menurut sy lebih banyak kelebihannya.. dan karna postingan ini ttg manfaat jd ruang lingkupnya hanya sebatas manfaat. terima kasih atas masukannya.. :)

    ReplyDelete

Translate

Wardah@mychocochips. Powered by Blogger.