Breaking News
recent

Ragusa, Es Krim Sepanjang Masa

Ice Cream, siapa sih yang ga suka sama makanan yang satu ini. Hampir semua orang menyukai ice cream. Baik tua maupun muda bahkan anak kecil menyukai es krim. Rasanya yang manis dan dingin memang cocok untuk iklim Tropis Indonesia, apalagi dimakan pas siang bolong. Rasanya tuh seggeeeerrr banget.

Bicara tentang es krim, kalian pernah denger kan yang namanya es krim ragusa? Kalo bagi pecinta es ragusa, pasti kalian tahu es krim ragusa bahkan mungkin ragusa lovers?? (hehe) Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang es krim Ragusa. 

 
Es krim Ragusa ini tidak menggunakan bahan-bahan pengawet dalam pengolahan es krimnya sejak tahun 1932, sehingga pada saat disajikan dalam waktu tak lama air sudah menggenang di mangkok es krim, maka buru buru lah untuk menyantapnya sebelum cair.

Sejarah "Ragusa” berasal dari dua orang berkebangsaan Italia yang datang ke Indonesia pada tahun 1930-an, saat itu Luigie Ragusa dan Vincenzo Ragusa datang ke Indonesia hanya untuk belajar jahit menjahit di Jakarta Pusat. Setelah lulus mereka lalu pergi ke Bandung dan bertemu dengan wanita berkebangsaan Eropa yang memiliki peternakan sapi. Melihat produksi susu sapi yang sangat banyak pada saat itu, Luigie Ragusa dan Vincenzo Ragusa pun punya ide agar susu sapi tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik. Lalu munculah ide untuk mejadikannya sebagai bahan utama pembuatan es krim. Bukannya menjadi penjahit, dua bersaudara Italia tersebut malah tertarik membuat es krim. Ternyata es krim buatan mereka disukai dan laku dijual. (sumber: kabarinews.com)

Pada mulanya, lokasi pasar gambir di Jakarta, yang kini dikenal sebagai Pekan Raya Jakarta, merupakan lokasi utama dalam penyebaran es krim ragusa, kemudian sejak tahun 1947, melalui keluarga Bapak Buntoro Kurniawan dan Ibu Hj. Sias usaha es krim Ragusa dikembangkan di jalan veteran
   
Lokasi dari Ice cream Ragusa ini terletak di Jl. Veteran I No. 10. Selain itu, ia juga memiliki outlet lagi di  Gazebo Cafe, Jl. Kunir No. 5B Kota Tua. 

Kebetulan waktu itu, saya lagi jalan-jalan ke kota tua kemudian mampir di Gazebo Cafe, kota tua. Tempatnya lumayan asik, tapi suasananya sangat berbeda dengan outlet yang  di Jl. Veteran I. Karena kalau yang di Jl. Veteran 1 itu amat sangat kental suasana tempo dulunya. 




Dari sekian banyak menu, yang paling menggoda saya adalah spageti ice cream. Ini dia gambarnya:



Kalo mau liat daftar menu nya kebetulan saya sedikit memotretnya beserta beberapa es krim Ragusa yang saya dan kakak saya pesan ketika berada disana.  . 


Yang jelas, es krim Ragusa itu patut dicoba bagi yang belum pernah mencobanya, pokoknya recomended lahh. Apalagi makannya pas siang bolong, pasti segeerr.. Udah bahannya terjamin ga pake pengawet dan terbuat dari susu segar, es krim nya tuh lembuutt.. Ga kalah deh sama es krim buatan luar negeri. Jadi, buat apa beli produk import klo ada produk lokal. Ayo cintai produk dalam negeri. 

Because, 
I LOVE INDONESIA..!! 
  


Wardah F

Wardah F

No comments:

Post a Comment

Translate

Wardah@mychocochips. Powered by Blogger.