Breaking News
recent

Akuntansi : Bagaimanakah Asal Mula Akuntansi?


Peran ilmu Akuntansi sangat penting bagi perusahaan dalam pembuatan laporan keuangan. Hal ini bertujuan sebagai penyedia informasi keuangan perusahaan baik untuk kepentingan internal maupun eksternal perusahaan. Akuntansi lahir di Italia pada abad ke 14 dan 15 dengan sistem pembekuan berpasangan.

Akuntansi pertama kali diperkenalkan oleh Luca. Buku yang berjudul : Summa the arithmetica geometria proportioni et proportionalita di tahun 1494 mempublikasikan prinsip-prinsip dasar double accounting system. Namun beberapa ahli sejarah berpendapat bahwa sebenarnya akuntansi bukan ide murni luca.

Sebenarnya bagaimanakah perkembangan akuntansi dari tahun ke tahun? Seiring berjalannya waktu, akuntansi pun mengalami perkembangan. Bagi  yang sedang belajar tentang ilmu akuntansi, Anda wajib tahu tentang hal ini. Berikut ini merupakan perkembangan akuntansi dari tahun ke tahun. 

Tahun 1775  : Diperkenalkannya pembukuan, baik yang single entry  maupun double entry.
Tahun 1800   : masyarakat menjadikan neraca sebagai laporan yang utama digunakan dalam perusahaan.
Tahun 1825     : Diperkenalkannya pemeriksaaan keuangan (financial auditing).
Tahun 1850   : Laporan laba/rugi menggantikan posisi neraca sebagai laporan yang dianggap lebih penting.
Tahun 1900   : Mulai diperkenalkan sertifikasi profesi yang dilakukan melalui ujian yang dilaksanakan secara nasional di USA.
Tahun 1925   : Mulai diperkenalkan teknik-teknik analisis biaya, akuntansi pajak, akuntansi pemerintahan, dan pengawasan dana pemerintah. Sistem akuntansi yang manual beralih ke sistem EDP dengan mulai dikenalkannya “punch card record”.
Tahun 1950 s/d 1975 : Penggunaan komputer untuk pengolahan data. Sudah diberlakukan Perumusan Prinsip Akuntansi (GAAP). Hingga Perencanaan manajemen serta management auditing yang mulai diperkenalkan.
Tahun 1975   : Metode pemeriksaan efektif “Total system review”  mulai dikenal. Dan Social accounting manjadi isu yang membahas pencatatan setiap transaksi perusahaan yang mempengaruhi lingkungan masyarakat.


Unknown

Unknown

No comments:

Post a Comment

Translate

Wardah@mychocochips. Powered by Blogger.