Breaking News
recent

Dasar Akuntansi Biaya Yang Harus Anda Ketahui


Ada ungkapan bahwa “tak kenal maka tak sayang”, hal itu juga berlaku dengan ilmu akuntansi. Sebelum mempelajarinya lebih jauh, Anda juga diharuskan mengerti Apakah sebenarnya akuntansi itu. Begitu pula dengan akuntansi biaya. Pada postingan kali ini, saya akan membahas mengenai akuntansi biaya.

Pengertian Akuntansi Biaya Menurut Ahli:   
1. Mulyadi
Akuntansi Biaya ialah proses pencatatan, penggolongan, peringkasan dan penyajian biaya pembuatan dan penjualan produk jasa dengan cara-cara tertentu serta penafsiran terhadapnya.

2. Matz Usry
Akuntansi biaya dalah “Cost accounting sometime call management accounting, should be considered the key managerial partner, furnishing management with the necessary accounting tools to plan and control activities.”

3. Abdul Halim
Akuntansi biaya adalah akuntansi yang membicarakan tentang penentuan harga pokok (cost) dari suatu produk yang diproduksi (atau dijual di pasar) baik untuk memenuhi pesanan dan pemesan maupun untuk menjadi persediaan barang dagangan. yang akan dijual.

4. R. A. Supriyono dalam bukunya Akuntansi Biaya,
Akuntansi biaya adalah salah satu cabang akuntansi yang merupakan alat manajemen untuk memonitor dan merekam transaksi biaya secara sistematis serta menyajikan informasi biaya dalam bentuk laporan biaya.

Jadi akuntansi biaya merupakan penentuan harga pokok suatu produk dengan cara melakukan roses pencatatan, penggolongan dan penyajian transaksi biaya secara sistematis serta menyajikan informasi biaya dalam bentuk laporan biaya.

Objek Biaya Objek biaya (cost object) atau tujuan biaya (cost objective) adalah suatu item atau aktivitas yang biayanya diakumulasi dan diukur.  Nah, berikut ini merupakan aktivitas atau item-item yang dapat menjadi objek biaya:
  1. Produk, Proses
  2. Batch dari unit-unit sejenis , Departemen
  3. Pesanan pelanggan, Divisi
  4. Kontrak, Proyek
  5. Lini produk, Tujuan strategis



Wardah F

Wardah F

No comments:

Post a Comment

Translate

Wardah@mychocochips. Powered by Blogger.