Breaking News
recent

Aktif dalam Organisasi?? Perlukah??

Seperti judul dalam postingan saya kali ini, "Aktif dalam Organisasi?? Perlukah??" Pasti diantara kita semua ada yang bertanya seperti itu.. Sekarang coba tanya diri anda sendiri.. Ada 2 jawaban, perlu dan tidak perlu.. Tapi, jika ditanya alasannya pasti setiap orang mempunyai jawaban yang  berbeda-beda.
Bagi mereka yang menjawab "Perlu", kebanyakan dari mereka beralasan karena berorganisasi dapat memperluas wawasan, memperbanyak teman, melatih kita untuk bekerja sama, dll. Namun bagi mereka yang menjawab "Tidak perlu", apa alasan mereka?? Alasan klasik yang sering keluar sih, misalnya:
1. Takut ganggu pelajaran sekolah, kuliah, ataupun kerja
    Pelajaran sekolah, kuliah, ataupun kerjaan sih itu ga seharusnya jadi alasan kita menjadi pasif. Karena sebenarnya permasalahan utamanya adalah niat, selama ada niat atau keinginan untuk berorganisasi, masalah sekolah, kuliah dan kerjaan sih tinggal bagaimana kitanya mengatur waktu. Karena salah satu manfaat dalam organisasi adalah disiplin dalam mengatur waktu. Ada lagi yang beralasan "Terus kalo mau UN gimana, kan harus ekstra belajar." klo menurut saya sih, dikurangi ajjah dalam organisasi nya. Tapi klo organisasi yang kita ikutin berhubungan dengan olah raga, basket atau futsal misalnya, itu sih sebaiknya "Lanjutkan!" Karena bermanfaat banget bagi jasmani kita. Biar badan fit dan ga sakit pas UN..
2. Sibuk
    Bagi mereka yang menjawab sibuk, sibuk ngapain sih?? sibuk jalan ke mall, shopping, ke salon, dan sibuk memanjakan dirikah?? kalau yang jawab bukan, seperti kata syahrini, "Alhamdulillah yah". Solusi atau cara terampuh nya seperti nomer 1, belajarlah mengatur waktu sejak dini.
3. Males,
    Males itu emang salah satu penyakit yang ada dalam tubuh semua manusia sih, apa-apa bawaan nya males. Giliran ke mall, malem mingguan aja baru deh semangat 45. Astagfirlah,, Tapi tenang sebenernya sih ada obatnya, mau tau ga?? Obatnya adalah "Niat".. Lihatlah ke cermin, dan bilang pada diri kita sendiri "Hai cantik/ganteng, sampai kapan sih kamu mau dikalahkan oleh rasa malas mu. Ayolah semangat, masa depan kita tergantung terhadap apa yang kita lakukan sekarang." Dan ucapkanlah bismillah. Dengan niat yang baik, insya Allah hasilnya pun baik.
4. Ribet, Capek
    Kebanyakan dari mereka ga mau ikut berorganisasi salah satunya ga mau ribet dan capek. Jadi karena alasan itu mereka melupakan sisi-sisi baik atau manfaat dari organisasi. Padahal kenikmatan dan manfaat yang akan diterima dalam berorganisasi jauuuhhh kebih banyak daripada manfaatnya.

Lantas apa pandangan penulis mengenai "Aktif dalam organisasi?? Perlukah??"
Menurut saya sih, sangat perlu, malah bia dibilang butuh.. Organisasi disini dalam bentuk yang positif yah, misalnya saja OSIS, BEM, rohis, pramuka, club pecinta alam dll. Kalo ditanya alasan "Kenapa perlu??"
1. Memperluas wawasan
2. Menambah pengalaman
3. Memperbanyak teman
4. Belajar team work (bekerja sama dalam team)
5. Belajar mengatur waktu
6. Belajar bersosialisasi
7. Kepuasan batin
8. Lebih mandiri
9. Meningkatkan kepercayaan diri
10. Menambah kelebihan atau kemampuan yang ada pada diri kita
11. Melatih keberanian
12. Peluang Berprestasi


Jadi sobat, sebagai generasi muda apa keputusan kita?? Pilih pasif atau aktif?? Dan setelah baca postingan saya, jawablah pada diri anda sendiri, "Aktif dalam berorganisasi?? Perlukah??" Sekian dari saya. Semoga bermanfaat. Terima kasih.
Wardah F

Wardah F

No comments:

Post a Comment

Translate

Wardah@mychocochips. Powered by Blogger.