Breaking News
recent

Perbedaan Sistem dan Prosedur

Banyak diantara kita masih yang sulit membedakan antara sistem dan prosedur. Maka, postingan saya kali ini akan membahas mengenai Perbedaan Sistem Dan Prosedur:

Sistem adalah suatu jaringan prosedur yang dibuat menurut pola yang terpadu untuk melaksanakan kegiatan pokok perusahaan (Mulyadi, 2008: 4). 

Menurut Marshall B. Romney dan Paul John Steinbart (2006: 2) sistem adalah rangkaian dari dua atau lebih komponen-komponen yang saling berhubungan, yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan. 

Sedangkan pengertian prosedur adalah suatu urutan kegiatan klerikal, biasanya melibatkan beberapa orang dalam satu departemen atau lebih, yang dibuat untuk menjamin penanganan secara seragam transaksi perusahaan yang terjadi berulang-ulang (Mulyadi, 2008: 4). 

Menurut W. Gerald Cole yang dikutip oleh Zaki Baridwan (1994: 3) prosedur adalah suatu urut-urutan pekerjaan kerani (clerical), biasanya melibatkan beberapa orang dalam satu bagian atau lebih, disusun untuk menjamin adanya perlakuan yang seragam terhadap transaksi-transaksi perusahaan yang sering terjadi. 

Dari beberapa definisi tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa suatu sistem terdiri dari jaringan prosedur, sedangkan prosedur merupakan urutan kegiatan klerikal.
Wardah F

Wardah F

1 comment:

  1. Mbak, saya boleh tahu judul dari buku / daftar pustaka lengkapnya?

    ReplyDelete

Translate

Wardah@mychocochips. Powered by Blogger.