Breaking News
recent

Sayangi Bumi: Buka Mata, Buka Hati & Ayo Beraksi

 

Bumi
Dengan segala keindahannya..
Ia adalah anugerah bagi kita 
Yang patut kita Jaga, bukan kita rusak
Yang patut kita Sayang, jangan malah diabaikan
Yang patut kita syukuri, bukannya disombongkan 
Karena bumi adalah titipan dari Tuhan
Yang akan dimintai pertanggung jawabannya
_wardah_


Tak Kenal, Maka Tak Sayang  

 Wah, jadi inget lagu sherina yang kira-kira liriknya begini: 
"Mengapa air mengalir
Mengapa dunia berputar
 Lihatlah lebih dekat, dan kau kan mengerti" 
 Nah, sama halnya dengan bumi kita. Sekarang coba kita lihat lebih dekat Lingkungan Bumi Kita ini. Dengan kondisi alam yang mulai tak menentu, beragam bencana seolah tak henti-hentinya menghampiri kita. Mulai dari Tanah longsor, Banjir, Kekeringan, tsunami dan masih banyak lagi. Coba kita cek, sebenarnya salah siapakah ini?? Salah siapa coba?? Ya,  "MANUSIA"

 Mulai dari buang sampah, melakukan pembakaran hutan , penebangan liar, sampai pemburuan binatang telah tega dilakukan manusia.. Entah karena terlalu kufur, serakah atau bersikap acuh tak peduli, manusia seperti tak punya hati pada bumi. Kalau lingkungan kita sampai global warming, sebenarnya kitalah yang bersalah pada bumi. Kitalah yang dengan tega melakukan kerusakan yang ada di bumi. Lalu apa yang harus kita lakukan sekarang?? Satu-satunya cara adalah dengan "Sayangi Bumi Kita". Sayang yang bukan hanya diucapkan dalam kata, namun juga dalam tindakan.  

 Kalau Sayang, harus Dirawat dong!! 
Bumi adalah tempat tinggal manusia. Ga ada lagi planet yang lain. Jadi kalau buminya udah gersang, kering, ga ada lagi pohon, lapisan ozon udah sangat tipis, sehingga panas luar biasa, sehingga kutub utara mencair dan tak ada lagi sumber air bersih dan makanan, yah pokoknya kondisi bumi udah sakit parah alias Kritis. Pertanyaannya adalah Bagaimana dengan Manusia?? Apa jawabannya coba?? Jawabannya ya MATI. Emang sih bru ngebayanginnya aja udah sereemmm banget, tapi ini mungkin aja terjadi ketika kita mengabaikan bumi dan terus saja berbuat kerusakan di bumi. 

 Nah, ga mau kayak gitu dong pastinya?? Makanya, kalau masih ingin tinggal di Bumi. Ya dirawat dong, jangan diabaikan. Rumah aja dibuat indah, masa bumi engga?? Bumi adalah anugerah yang luar biasa dari Tuhan untuk manusia. Bumi juga bisa disebut titipan Tuhan, yang harus dipelihara dengan baik. Dan ingat bumi bukan hanya tempat tinggal manusia loh. Ada hewan dan tumbuhan yang hidup di bumi berdampingan dengan manusia.. Manusia, hewan dan tumbuhan itu saling membutuhkan alias simbiosis mutualisme. Makanya, kita jangan egois. Hutan adalah salah satu tempat tinggal aneka spesies tumbuhan dan binatang. Jadi jangan dipersempit lagi yah.. :)

 Kalau Bukan Kita Yang Merawat Bumi, Siapa Lagi?? 
Coba jawab, apakah ada selain manusia yang merawat bumi ini?? Bumi ini titipan dari Tuhan untuk kita, jadi ya sudah menjadi tugas dan tanggung jawab kita untuk merawat dan menjaga nya. Sekarang yang menjadi pertanyaannya adalah "Sudah sejauh mana kita Merawat Bumi??"  Ada banyak cara yang bisa kita lakukan sebagai bentuk kepedulian kita terhadap bumi. Nah berikut ini adalah yang bisa kita coba lakukan: 

1. Jangan Buang Sampah Sembarangan
 Ini adalah hal simple tapi besar manfaatnya. Tau kan akibat dari membuang sampah sembarangan?? Ya, salah satunya adalah banjir. Dengan membuang sampah di tempat sampah, kita telah ikut mencegah banjir. Tapi sayang, hal yang dianggap sepele ini justru sering sekali diabaikan oleh masyarakat. Rendahnya kesadaran masyarakat tentang lingkunganlah yang menjadi penyebabnya. Sehingga himbauan ini hanya sekedar diingat tapi tidak diterapkan. Alhasil, kalau sudah banjir datang, baru deh berkeluh kesah tentang keadaan. 

 2. Tanam Pohon 
 Menanam mangrove dipesisr pantai atau menanam pohon sengon di perbukitan adalah upaya kita mencegah bencana terjadi. Seperti tanah longsor, menyejukkan udara, dll. Tapi, menanam pohon ga harus punya lahan lebar kok. Cukup dengan memanfaatkan halaman pekarangan, kita bisa ikut menjaga lingkungan. hehe 

Oiya, berikut ini adalah foto Aksi kami, para mahasiswa Universitas Gunadarma untuk Menghentikan pemanasan Global.. Bekerja sama dengan WWF, kami melakukan kegiatan sosial salah satunya menanam pohon sengon di Bogor pada tanggal 1, 2, 3 Maret 2014 lalu.






"Ini aksiku, Mana Aksimu??"
Yuk, kita beraksi..

 3. Mengolah Sampah Jadi Prakarya 

 Barang-barang yang tak terpakai juga bisa diolah loh jadi prakarya. Dengan sedikit keterampilan, bim salabim sampah pun berubah menjadi sebuah produk bernilai tinggi. Contohnya aja, sampah dedaunan atau sayur yang bisa kita olah menjadi pupuk. Atau botol-botol bekas yang bisa diolah menjadi tempat pinsil, lampion cantik dll. Atau bahan sisa menjait bisa kita ubah menjadi bros.

 4. Hemat Listrik 
Nah, jangan buang-buang listrik yah.. Ayo kita pergunakan listrik dengan bijak, jangan boros.. Matikan yang tidak perlu. Ngomong-ngomong tentang Listrik, yuk kita dukung gerakan 60+ Earth Hour yaitu mematikan lampu dari jam 08.30 - 09.30. Seperti yang telah dilakukan di Bekasi Square kemarin, kami melakukan Switch Off For Earth sebagai peringatan Hari Bumi sekaligus aksi kami untuk menghentikan pemanasan global. hehe,, 



 5. Naik Kendaraan Umum atau BerSepeda
Sepeda itu selain hemat alias gratis dan juga menyehatkan lagi. Jadi yuk mulai hidup sehat dengan bersepeda. Atau kalau belum mampu untuk bersepeda entah karena lokasi kerja nya jauh, atau karena belum punya sepeda, naik kendaraan umum juga salah satu bentuk aksi kita kok dalam rangka mengurangi pemanasan global.. :)

6. Lewat Tulisan
Salah satunya dengan posting di blog kita masing-masing mengenai lingkungan. Seperti yang saya lakukan ini. Dan ajak sebanyak-banyaknya teman untuk ikut peduli kepada lingkungan kita.  


Tak ada kata terlambat kok untuk lebih peduli lagi dengan BUMI. Yuk, mari kita sayangi bumi dengan bersama-sama buka mata, buka hati dan ayo beraksi untuk Bumi. 

INI AKSIKU, MANA AKSIMU???
-slogan WWF-




sumber foto: dokumen foto pribadi
Wardah F

Wardah F

No comments:

Post a Comment

Translate

Wardah@mychocochips. Powered by Blogger.