Breaking News
recent

ANALISA MEREK DAN KEMASAN (Dasar Pemasaran)

TUGAS DASAR PEMASARAN 4 
Merk adalah nama, istilah, tanda, simbol, design, kombinasinya yang dapat memberikan identitas barang dan membedakan dengan produk pesaing. Kemasan adalah proses yang berkaitan denganperencanaan dan pembungkusan, pembungkus, maupun pengankutan.
Lima contoh merk produk yang menurut kami memenuhi kriteria baik :

1.ESIA


Esia : merupakan suatu produk yang sangat dikenal masyarakat baik dari kalangan atas sampai dengan kalangan menengah dikarenakan harga hp esia keluaran BB ini terjangkau dan didukung oleh gencarnya iklan - iklan mengenai esia membuat esia lebih mudah di ingat ,dihafal,dikenal serta desainya yang menarik.

2.Yamaha
yamaha : merupakan produk yang sudah tidak asing lagi di dengar ,dimana mana kita bisa melihat semua orang baik dari kalangan menengah ke bawah hingga kalangan memengah atas menggunakan produk ini ,semua orang dapat memilikinya hanya dengan membayar DP yang relatih rendah . yamaha juga memiliki moto yang sangat mudah di ingat yaitu :"Yamaha Semakin Didepan".
merk yamaha yang terkenal membedakan dengan produk lainya.


3.Pepsodent

Pepsodent : tidak ada masyarakat yang tidak mengenal lagi produk ini ,mengigat produk ini telah lama beredar dan semua lapisan masyarakat menggunakan produk ini baik dari yang kecil sampai manula sekalipun.bentuk pepsodent yang mudah diingat dan desainya yang simpel tapi sanagt menarik membuat pepsodent tetap menjadi piliahan sampai saat sekarang ini walaupun banyak merk - merk lain . 

4. Mie sedaap



Mie sedap : siapa sih yang gag kenal sama makanan tambahan yang satu ini ,rasanya yang lezat serta desain nya yang menarik membuat mie sedap menarik perhatian konsumen dan mudah di ingat serta di hafal .




5.Biore



Biore : biore adalah suatu produk yang digunakan oleh semua umur bentuk nya yang menarik dan merk yang mudah di hafal dan di ingat menjadikan biore pilihan oleh masyarakat ,harganya yang lumayan terjangkau dapat dibeli oleh siapa saja.





Tidak hanya produk yang menurut kami baik , tetapi ada juga beberapa produk yang menurut kami masih belum memenuhi kriteria sempurna,berikut 5 produk tersebut :


1. Rusty


Rusty : rusty adalah merk fashion yang cukup dikenal oleh golongan menengah ke atas dikarenakan harga nya yang cukup menguras kantong ,produk ini dapat kita jumpai ditempat pernelanjaan seperti distro dan mall - mall besar lainya ,tetapi sayang sekali tidak semua masyarakat dapat menglafalkan merk produk ini dengan baik karena kesulitan bacaan merk tsb .




2. Vaseline


Vaseline : produk yang satu ini cukup terkenal ,khususnya di kalangan perempuan ,semua jenis usia menggunakan produk ini baik dari golongan atas sampai dangan golongan bawah,tetapi sayang sekali tidak semua golongan terutama golongan menengah bawah yang dapat melafalkan produk ini dengan baik .





3.Guess

Guess : mepakan merk yang sangat familiar sekali terutama untuk kalangan menengah atas dikarenakan harganya yang menguras kantong menjadikan barang tersebut asing bagi menengah kebawah dan tidak semua kalangan mampu dalam melafalkan dengan benar ,begitupun dengan perlindungan akan hak cipta dari guess ,karna banyak produk yang serupa tapi imitasi .




4. I Phone
I Phone : pada saat sekarang ini i phone menduduki peringkat pertama setelah blackberry,harganya yang mahal membuat tidak semua kalangan mengenal produk ini ,biasanya i phone di gunakan oleh pekerja kantoran karena fasilitasnya yang lengkap ,tetapi bagi kalangan menegah kebawah mampu mengucapkanya dengan benar.


5.Quiksilver



Quiksilver : merk fashion yang satu ini cukup familiar karena banyak merk fashion seperti baju, sepatu, gersper menggunakan produk ini .masyarakat pun sampai kalangan memengah atas dapat nenbeli produk ini karena kualitasmya yang terjamin ,tetapi produk ini memiliki kekurangan yang susah untuk dibaca,diingat dan dimengerti karena dalam penulisan lebel tidak terlalu jelas (tulisanya dempet)

Analisis 1 produk sesuai dengan kriteria mata kuliah Dasar Pemasaran :








1.Bahan
bahan dalam pembuatan mie sudah baik dan sesuai izin kelayajkan makanan untuk di konsumsi,sehingga kita tidak perlu terlalu takut untuk mengkonsumsinya asalkan tidak berlebihan.
2.Warna
warna yang digunakan sesuai dengan jenis produk dan di desain secara baik sehingga mampu menarik perhatian konsumen untuk mencoba .
3.Bentuk
pop mie disajikan dalm bentuk yang sangat efisien sehingga itu menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen dan menimbulkan rasa penasaran akan kelezatan pop mie tersebut.
4.Ramah Lingkungan
pop mie di packing dangan sangat baik yaitu dari bahan2 yang dapat didaur ulang dan ramah lingkungan,sehingga sangat cocok dalam situasi saat sekarang ini .
5.Ekonomis
dalam pembuatan pop mie bisa dikatan ekonomis ,karena harga pop mie masih sangat terjangkau untuk semua kalangan ,dan isi kemasan yang lumayan,dan juga menggunakan bahan yang alami juga sehingga masih bisa di daur ulang menjadi produk seperti hasil kerajinan tangan.
6.Informasi
Informasi yang diberikan oleh pop sudah lengkap,mulai dari takaran persaji, cara pembuatan ,kandungan-kandungan nutrisi, khasiatnya, peringatan, layanan konsumen, kode produksi dan tak lupa dengan tanggal kadaluarsa.



TUGAS KELOMPOK
1.Amelia Syafrina
2.Wardah Fauziyah
3.Latifah Hayatul Aliyya



1EB23
Wardah F

Wardah F

No comments:

Post a Comment

Translate

Wardah@mychocochips. Powered by Blogger.