Breaking News
recent

Sudden Arrhythmic Death Syndrome (SADS)



Pasti diantara kita pernah membaca berita entah itu dari koran, majalah, internet atau bahkan tv, tentang seseorang meninggal tiba-tiba dalam tidurnya,, atau seorang yang tadi nya sehat-sehat saja tiba-tiba terjatuh tak sadarkan diri dan akhirnya meninggal dunia. Sepeti dalam berita yang baru saya baca, seorang gadis remaja tewas usai ciuman pertama. Berita selengkapnya klik disini;



Hal itu disebabkan oleh Sudden Arrhythmic Death Syndrome (SADS) atau sindrom kematian mendadak arrhythmic. Kejadian seperti ini banyak menimpa orang muda yang terlihat sehat dan tidak menunjukkan gejala-gejala sakit keras.


Seperti dilansir dari SDAS.org, orang yang terkena SADS kadang-kadang tidak ada tanda-tanda khusus tapi beberapa gejala seperti pusing, jantung berdebar-debar, detak jatung cepat, sesak napas kadang terjadi.

Jika gangguan irama jantung ini bisa dideteksi lebih awal sebenarnya bisa dilakukan penyembuhan. Tapi, karena sebagian besar menganggap hal ini sebagai masalah sepele dan kebanyakan dari mereka orang yang merasa sehat. Sehingga tidak terlalu memperhatikan adanya gangguan irama jantung. Maka dari itu, jarang sekali yang orang yang memeriksa dirinya ke dokter dan melakukan pemeriksaan elektrokardiogram (EKG). Tapi tidak semua jantung yang berdegup kencang adalah gangguan irama jantung apalagi jika setelah melakukan kegiatan fisik.

Faktor penyebabnya masih belum diketahui tapi diduga karena keturunan, kelainan genetik, pemakaian obat-obatan. Dokter mengingatkan hampir sebagian besar kematian orang muda saat tidur adalah kasus SADS.

Sedangkan pada bayi, kasus ini dinamakan Sudden Infant Death Syndrome (SIDS) atau kematian bayi mendadak. Kasus ini terjadi pada bayi di bawah satu tahun. Biasanya kondisi ini tanpa disertai gejala atau peringatan awal yang muncul.

Jadi, berhati-hatilah.. Tak ada salahnya melakukan pencegahan degan memeriksakan diri ke dokter jika memiliki gejala yang sama dengan kasus SADS ini. Dari kasus ini semoga kita dapat mengambil hikmahnya, yaitusetiap manusia diperintahkan untuk menjaga kesehatannya, soal kematian Hanya Allah SWT lah yang tahu. Entah kapan dan dimana kematian akan datang dan menghampiri kita, mau ga mau kita harus siap. Sampai kapanpun malaikat ga akan pernah nanya pada kita,, "wani piro??" Karena kematian ga bisa dinego,,hehe.. Sahabatku,, semoga ketika kematian menghampiri,, kita meninggal dalam keadaan khusnul khotimah. amin.

Untuk itu,
Ayo kita perbanyak bekal untuk akhirat kelak. Yakni bekal ketaqwaan dan amal.
Smoga postingan saya kali ini bermanfaat. amin. :)
Wardah F

Wardah F

No comments:

Post a Comment

Translate

Wardah@mychocochips. Powered by Blogger.