Breaking News
recent

Audit Kas Kecil Imprest

Kas kecil adalah akun yang unik. Meskipun jumlahnya tidak material, banyak auditor melakukan verifikasi kas kecil karena terdapat potensi kecurangan dan klien mengharapkan auditor memeriksa akun tersebut meski jumlahnya tidak material. Kemungkinan penyalahgunaan wewenang karena karyawan klien dapat melakukan banyak transaksi kecurangan atas dana tersebut pada suatu bagian tahun. Audit kas kecil dibagi menjadi dua, yaitu:

Pengujian kas kecil dapat dilakukan sewaktu-waktu selama tahun berjalan, tetapi agar memudahkan, biasanya dilakukan pada tanggal interim. Jika saldo dana kas kecil diperkirakan material, hal ini jarang terjadi, maka saldo tersebut harus diperhitungkan pada akhir tahun. Pengeluaran yang belum diganti harus diperiksa sebagai bagian dari penentuan apakah biaya yang belum tercatat jumlahnya material.
 
1. Pengendalian Internal atas Kas Kecil 
Pengendalian internal yang paling penting dalam kas kecil adalah penggunaan dan impres yang merupakan tanggung jawab perorangan. Dana untuk kas kecil tidak dapat digabungkan dengan penerimaan lainnya, dan dana harus disimpan terpisah dari aktivitas lainnya. Pembatasan juga harus dilakukan atas pengeluaran dari kas kecil, sama halnya dengan jumlah total dana. Jenis pengeluaran yang dilakukan dari transaksi kas kecil harus jelas didefinisikan sesuai kebijakan perusahaan. 

2. Pengujian Audit atas Kas Kecil 
Penekanan dilakukan pada verifikasi kas kecil atas pengujian transaksi kas kecil dibandingkan saldi akhir tahun. Bahkan jika dana kas kecil jumlahnya kecil, terdapat potensi kecurangan transaksi jika dana sering dikeluarkan atau digunakan. Prosedur dalam pengujian kas kecil adalah: 
  •  - Menjumlahkan voucher pendukung kas kecil yang menunjukkan jumlah pengeluaran 
  •  - Memperhatikan urutan voucher kas kecil 
  •  - Memeriksa otorisasi dan pembatalan voucher kas kecil  
  •  - Memeriksa kewajaran dokumen pendukung, biasanya terdiri atas gulungan register kas, faktur, dan bukti penerimaan.

Sumber: 
Ø Alvin A. Arens, Randal J. Elder dan Mark S. Beasley, 2003, Edisi Bahasa Indonesia, Auditing dan Pelayanan Verifikasi: Pendekatan Terpadu”, Edisi Kesembilan, Jilid 1, Indeks, Jakarta
Wardah F

Wardah F

No comments:

Post a Comment

Translate

Wardah@mychocochips. Powered by Blogger.