Breaking News
recent

Cara Membedakan Bakso Sapi dan Bakso Babi


Bakso, siapa sih yang ga suka sama makanan yang satu ini. Bentuknya yang bulat berbahan dasar daging sapi ini memiliki rasa yang enak, kuah yang segar dan harga yang relatif terjangkau, jadi memang tak salah jika bakso menjadi makanan favorit keluarga Indonesia. Dari anak-anak, remaja, dewasa hingga kakek nenek semuanya menyukai bakso. Bahkan Presiden Amerika Serikat yakni Presiden Obama dalam  kunjungannya ke Indonesia beberapa waktu yang lalu pun menyatakan kesukaan nya kepada bakso (lah wong kecilnya pernah tinggal di Indonesia. hehe)

Bicara mengenai bakso, rupanya harga daging sapi yang mahal membuat para pedagang bakso cukup pusing. "Ingin untung besar tapi daging sapi nya aja mahal. Gimana caranya?" mungkin itulah yang dipikirkan beberapa abang bakso. Sehingga memicu beberapa oknum penjual nakal untuk mencampurkan daging sapi dengan daging babi yang harga nya jauh lebih murah. Ihh,, sereeemm.. 

Karena sebagian besar penduduk Indonesia beragama muslim. Jelas ini menimbulkan konflik yang notabennya dalam Al-Qur'an jelas dinyatakan bahwa daging babi itu haram hukumnya. Hmm.. Mungkin ini butuh tindakan nyata dari pemerintah untuk menangani ulah para pedagang itu. dan untuk pelaku yang telah tertangkap semoga aja pelaku nya dihukum seadil-adilnya agar adanya efek jera untuk para penjual bakso agar tidak mengulangi kesalahannya.
Konsumen itu harus cerdas. Cerdas untuk memilih barang mana yang akan kita konsumsi. Nah biar ga salah pilih, berikut ini adalah tips dan trik yang bisa dijadiin petunjuk buat kamu saat akan membeli bakso: 

1. Aroma
Daging babi lebih berminyak karenanya jika dibuat bakso akan mengeluarkan aroma lemak yang tajam. Permukaan bakso juga lebih licin berminyak. Ini juga terlacak untuk jenis bakso daging sapi dengan campuran minyak babi.

2. Warna
Warna bakso babi dan sapi nyaris sama, putih sedikit merah kecokelatan. Tetapi jika dipotong akan terlihat warna daging lebih pucat. Warnanya agak merah muda dan bukan merah kecokelatan seperti daging sapi.

3. Tekstur
Bakso daging babi biasanya teksturnya lebih halus, lembut dan berminyak. Tidak kesat atau nyarus kering seperti bakso daging sapi. Juga tidak ada urat di dalam adonannya. Licin dan bersih.
4. Ukuran
Umumnya bakso daging babi berukuran sedikit lebih besar dari bakso daging sapi. Karena teksturnya lembut cenderung dibuat lebih besar.
5. Harga
Umumnya harga bakso babi lebih murah karena daging babi sebagai bahan utamanya juga lebih murah harganya. Jika bakso daging sapi harganya lebih murah bisa jadi dipakai campuran tepung kanji yang lebih banyak atay campuran daging babi.


===================================================

sumber:

http://food.detik.com/read/2012/12/14/153226/2118804/297/1/inilah-cara-membedakan-bakso-babi-dan-bakso-sapid9911011021
Wardah F

Wardah F

No comments:

Post a Comment

Translate

Wardah@mychocochips. Powered by Blogger.